Materi Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer menejelaskan tentang bagaimana Interaksi Manusia Komputer serta perannya dalam mewujudkan perangkat lunak yang tepat dan bermanfaat bagi usernya.

Persona

Persona adalah dokumentasi yang berisi penjelasan tentang karakteristik user digabungkan dengan tujuan, kebutuhan, dan ketertarikannya yang menjadi target user yang didapatkan dari hasil penelitian tentang user yang sesuai target.

Metode Penelitian Persona

Metode Penelitian Persona yaitu :
a. Penelitian kualitatif, penelitian ini biasanya dilakukan pada sekelompok kecil yang berjumlah 10 – 20 orang untuk menemukan hal baru dari user.
b. Penelitian kuantitatif, penelitian ini biasanya dilakukan dalam user yang lebih besar, biasanya menggunakan metode user survey dan site traffic atau log file analysis. Metode ini bertujuan untuk memastikan bukti hipotesis yang sudah ada dan menampilkan hal yang dilakukan user.

Dari kedua metode tersebut saling melengkapi, penelitian kualitatif lebih menjelaskan apa yang dikatakan user, sedangkan penelitian kuantitatif lebih menjelaskan pada apa yang dilakukan user.

User Persona

User persona adalah satu tools yang berharga dalam pengerjaan proyek user experience, tools ini menghasilkan produk yang lebih baik kepada user sehingga memiliki kemungkinan besar untuk membuat proyek berhasil.

Memahami Fungsi Bisnis

Untuk menjalankan atau melakukan fungsi bisnis dan persyaratan analysis dibutuhkan pengumpulan data, metode untuk pengumpulkan datanya yaitu seperti mengamati atau menghampiri user, metode mengamati dapat membnatu designer untuk membayayangkan di dalam lingkungan user, sedangkan metode menghampiri user dapat dilakukan dengan melakukan wawancara, atau kuisioner.

Metode – metode untuk mengumpulkan data yang diperlukan :
1. Direct Observation : Teknik penemuan persyaratan dimana desainer HCI juga berpartisipasi atau menyaksikan aktivitas seseorang untuk mempelajari interaksi tersebut.
2. Quetionnaire : Dokumen tujuan khusus yang mengizinkan interaksi desainer untuk memilih pendapat informasi dari reponden.
3. Interview : Teknik penemuan persyaratan dimana interaksi desainer memilih informasi dari inividual melalui interaksi face-to-face.
4. Focus Group Discussion : Sebuah proses dimana pertemuan kelompok yang sangat terstruktur dilakukan untuk tujuan menganalisis masalah dan menentukan persyaratan.
5. BrainStorming : Mirip dengan focus group tetapi lebih informal dan digunakan untuk menghasilkan ide selama meeting grup.

Prinsip Design Interface dan Screen

Dengan desain interface dan screen yang bagus, dapat memanfaatkan kemampuan software sebagai pengendali secara efektif dan mencapai tujuan bisnis dari sistem yang dirancang.

Tujuan Desain User Interface (UI) :
– Dipahami secara konitif : konsisten, dapat diprediksi, dan dapat dikontrol.
– Diterima secara efektif : keahlian, kepuasan, dan tanggung jawab.

Pemilihan WIndows Yang Tepat

Window adalah sebuah area di layar yang biasanya berbentuk persegi empat dan muncul di layar komputer, memiliki batasan dan bagian yang menunjukan aktivitas komputer, sehingga memungkinkan manusia dalam berinteraksi dengan komputer.

Macam-Macam Gaya Tampilan WIndows

Tiled WIndow : Gaya tertua, gaya window ini dapat menampilkan semua windows hingga memenuhi layar. Memiliki kelebihan tidak ada informasi yang tersembunyi , sederhana, mudah dipahami dan digunakan

Overlaping WIndow : Beberapa window yang saling bertumpuk acak. Memiliki kelebihan yaitu pengguna dapat mengkontrol untuk mengelola window sesuai kebutuhan.

Cascading Window : Gaya tampilan yang saling bertumpuk namun teratur. Memiliki kelebihan tidak ada window yang tersembunyi sepenuhnya, dan mudah untuk memilih dan mengaktifkan window manapun.

Tipe-Tipe WIndows

Tipe – Tipe WIndows yaitu :
– Primary Windows, windows utama yang muncul saat user melakukan sebuah aktivitas atau aksi
– Secondary Windows, windows tambahan yang dapat berupa independent maupun dependent window terhadap primary window-nya
– Dialog box, untuk memperluas dan melengkapi interaksi dengan aksi tertentu yang sangat terbatas, dengan menampilkan pesang singkat atau tombol command

Komponen WIndows

Komponen windows terdiri dari :

1. Message Box
2. Pallete Windows
3. Pop-up Windows

Screen Based Control dan Clear Text and Message

Screen Control

Screen Control biasa disebut “WIdgets” , memiliki definisi objek grafik yang mewakili properti atau operasi objek lain. Berfungsi memberi izin masuk atau pemilihan nilai tertentu, dan menampilkan hanya bagian teks, nilai, atau grafik tertentu

Operable Control

Operable Button

Operable Buttons yaitu suatu kontrol atau pengendalian yang berbentuk persegi dengan label didalamnya yang menunjukan tindakan yang harus dilakukan. yang bertujuan untuk memulai aksi, mengubah properties, dan menampilkan pop-up menu.

Text Entry / Read only Controls

Text Entry yaitu suatu kontrol yang berbentuk persegi panjang, dan biasa disebut text box, bertujuan untuk menjelaskan jenis informasi yang terkandung didalamnya, saat pertama kali ditampilkan, kotak mungkin kosong atau berisi nilai awal. Memiliki fungsi lain yaitu untuk menampilkan, memasukan, atau mengubah suatu informasi textual, dan menampilkan read-only informasi

Selection Control

Selection control bertujuan untuk menampilkan semua kemungkinan alternatif, kondisi atau pilihan yang mungkin ada atau tersedia untuk entitas, properti, atau nilai. Selection control memiliki beberapa tipe yaitu Radio Button, Check Box, Palette, List Box, List View Control, Drop-down / Pop-up List Box.

Menulis Pesan Text Box

Title bar : memiliki identifikasi yang jelas, tidak memasukan indikasi dari jenis pesan
Message Box : memberikan deskripsi yang jelas dan ringkas, gunakan kalimat lengkap dengan tanda baca diakhir.
Command Buttons : Jika sebuah pesan membutuhkan tidak ada pilihan yang harus dibuat tetapi hanya pengakuan gunakan OK button.
Close Box : Aktifkan bilah judul tutup kotak hanya jika pesan menyertakan tombol CANCEL.

Provide Effective Feedback and Guidance and Assistance

Provide Effective Feedback

Topik Feedbak yang dibahas yaitu Respon Time yang dapat diterima, mengatasi atau berurusan dengan Time Delays, berkedip untuk diperhatikan, dan penggunaan suara.

Temuan fakta Respon Time  yaitu Waktu respon yang optimal bergantung pada tugasnya, Kepuasan dengan waktu respon adalah fungsi yang diharapkan, Ketidakpuasan dengan waktu respon adalah fungsi dari ketidakpastian seseorang karena penundaan. Partisipasi tes menilai waktu respon dengan : High (Bagus) yaitu diatas 5 detik, Rata-rata yaitu dari 6 sampai 10 detik, dan Low (Rendah) yaitu diatas 10 detik.

Guidance and Assistance

Guidance dapat di jelaskan Dalam bentuk salinan cetak sistem, Dokumentasi online, Pelatiihan berbasis komputer

Contextual Help

Contextual Help yaitu memberikan informasi dalam konteks tugas yang sedang dikerjakan atau dilakukan.

  1. Help Command Button : Button perintah yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum atau informasi penjelasan tentang tujuan yang ditampilkan. Desainnya berupa menampilkan bantuan di window kedua atau dialog box.
  2. Status Bar Message : Pesan singkat yang terkait dalam item layar dengan fokus. Bertujuan untuk memberikan informasi penjelasan tentang objek dengan fokus.
  3. ToolTip : Window pop-up kecil yang muncul disebelah kontrol. Bertujuan untuk menampilkan nama kontrol saat kontrol tidak memiliki label teks.
  4. What’s This? Command : Perintah yang berada dimenu drop down help di window utama. Bertujuan untuk memberikan informasi kontekstual tentang objek layar apa pun.

Task Oriented Help

Task Oriented Help yaitu window utama yang biasanya diakses melalui browser topik bantuan, termasuk dengan satu set tombol perintah dibagian atas. Dengan tujuan menyediakan langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas.

Reference Help

Reference Help yaitu buku referensi online yang diakses melalui file berupa perintah dimenu drop-doen bantuan. Bertujuan untuk menyajikan referensi informasi tujuan

Wizards

Wizards yaitu serangkaian halaman presentasi yang ditampilkan dijendela sekunder, termasuk dengan kontrol untuk mengumpulkan input, dan perintah tombol navigasi. Bertujuan untuk melakukan tugas yang membutuhkan membuat beberapa keputusan kritis.

Hints or Tips

Hints or tips yaitu tombol perintah berlabel petunjuk atau tips. Yang bertujuan untuk memberikan beberapa item informasi konseptual yang penting, spesifik yang terkait dengan layar yang ditampilkan

Print Friendly, PDF & Email